Struktur kurikulum 2017 Program Studi Kimia telah dilengkapi berbagai matakuliah untuk mendukung kapasitas keilmuwan mahasiswa serta mendukung pencapaian kompetensi lulusan dan memberikan keleluasaan pada mahasiswa untuk memperluas wawasan dan memperdalam keahlian sesuai dengan minatnya. Kurikulum ini juga telah dilengkapi dengan deskripsi matakuliah (silabus), SAP dan rencana pembelajaran semester (RPS) serta lembar penugasan. Selain itu, struktur kurikulum 2017 ini pun telah disesuaikan dengan standar kompetensi utama, pendukung dan lainnya serta telah berorientasi ke masa depan sesuai dengan perkembangan ilmu kimia misalnya mata kuliah nanomaterial, kimia hijau, dan elektrokimia yang sangat penting untuk pengembangan industri sensor, polimer, zat warna, tekstil, kesehatan, dan ketahanan lingkungan di masa depan. Struktur Kurikulum 2017 Program Studi Kimia:
1. Jumlah SKS minimal yang harus ditempuh untuk menjadi Sarjana Ilmu Kimia (S1) adalah 146 SKS.
2. Banyaknya Matakuliah Wajib 134 SKS, terdiri dari 20 SKS Kurikulum Universitas dan 114 SKS Kurikulum Program Studi.
3. Matakuliah Pilihan Minimal 12 SKS dengan pengelompokan matakuliah pilihan konsentrasi Kewirausahaan Kimia, Matakuliah pilihan konsentrasi Industri Kimia dan Matakuliah pilihan konsentrasi Lingkungan dan Energi.
4. Mahasiswa dikatakan mengambil konsentrasi kewirausahaan kimia dengan syarat minimal menempuh 8 SKS atau 4 matakuliah, begitu juga untuk konsentrasi Industri Kimia dan konsentrasi Lingkungan dan Energi.


Gambar 1. Peta Kurikulum 2017 Program Studi Kimia