Pada Tahun 2017 ini Program Studi Kimia Fakutas MIPA UII melakukan Studi Pelacakan (Tracer Study) terhadap Alumninya yang sudah tersebar di Seluruh Indonesia. Hal ini dikakukan untuk mampu manilai sejauh mana lulusan Program Studi Kimia FMIPA-UII dapat bermanfaat bagi masyarakat. Studi pelacakan mencakup antara lain di mana lulusan berada pada saat ini. Di bidang apa lulusan bekerja, sejauh mana lulusan dirasakan bermanfaat oleh para pengguna (stakeholder), apakah bekal/ kemampuan lulusan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, apakah ada kekurangan selama lulusan mengabdikan ilmunya, berapa lama lulusan menunggu sampai memperoleh pekerjaan dan berapa pendapatan/gaji awal bekerja.

Selain itu, studi pelacakan dapat digunakan sebagai umpan balik (feed back) bagi Program Studi Kimia untuk mengevaluasi dan memperbaiki kurikulum, agar lulusan dapat mengantisifasi kebutuhan/tuntutan masyarakat. Tanpa mengenali apa kebutuhan masyarakat maka Program Studi Kimia telah gagal dalam meluluskan anak didiknya.
Studi pelacakan juga menjadi slah satu penilaian yang penting dalam penilaian akreditasi program studi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Penilaian ini dapat menjadi benchmark bagi akuntabilitas, keredibilitas, maupun up date sebuah program studi.
beberapa hasil dari Tracer Study Alumni akhir tahun 2017 sebagai berikut :

Dengan jumlah Alumni sebanyak 544 Alumni, Program Studi Kimia UII telah dapat berkarya di berbagai bidang mulai pegawai Negri Sipil, Kementrian, Bank, Pendidik, Industri, Wirausaha dan masih banyak lagi. Berikut sebaran Alumni Program Studi Kimia FMIPA UII berdasarkan Bidang Pekerjaan:

Gambar 1. Sebaran Pekerjaan Alumni Program Studi Kimia (Jumlah alumni 544)
Gambar 2. Sebaran Alumni Program Studi Kimia di bidang Industri