Sejak tahun 2005, Program Studi Kimia telah menginisiasi pembentukan forum komunikasi lulusan kimia, IKA Kimia UII (Ikatan Keluarga Alumni Kimia UII). Saat ini IKA Kimia telah berkembang dengan kepengurusan tersendiri yang independen. Jalinan kerjasama yang baik antara program studi dengan IKAMI, antara lain membantu agenda tracer study yang rutin dilakukan oleh Program Studi Kimia, memberikan masukan terhadap kurikulum, memfasilitasi lokasi Praktik Kerja Lapangan (PKL). Alumni juga berkontribusi pada kegiatan akademik dengan menjadi narasumber beberapa kegiatan workshop dan Studium Generale. Sejauh ini, umpan balik dari alumni sangat positif terutama berkaitan dengan pembekalan lulusan Program Studi.
Umpan balik dari alumni kepada Program Studi Kimia terwujud ke dalam kontribusi di bidang akademik maupun non-akademik. Berbagai aktivitas seperti Studium Generale dan forum komunikasi alumni dalam rangka memberikan masukan terhadap kurikulum serta pengembangan wawasan mahasiswa telah banyak dilakukan dan dilaksanakan secara kontinu setiap tahun. Selain itu, beberapa alumni Program Studi Kimia berkontribusi melalui penyediaan tempat Praktik Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa. Hal ini selain membuka jejaring kerjasama antara program studi dengan industri, juga memberikan kemudahan bagi para mahasiswa dalam mencapai kompetensi lulusan yang diharapkan.

IKA Kimia FMIPA UII berdiri pada tanggal 7 Juni 2013 melalui rapat koordinasi Program Studi Kimia dan Alumni pada tanggal 31 Mei 2013 dan 4 Juni 2013 dengan tujuan untuk menjalin komunikasi dan memberikan informasi bagi alumni khususnya alumni PS. Kimia FMIPA UII. Berdasarkan surat keputusan Dekan No : 21/Dek/60-SK.Dek/Div.AU/VI/2013 pada tanggal 7 Juni 2013, maka terbentuklah struktur organisasi alumni PS. Kimia FMIPA UII , sebagai berikut:
Ketua                             : Dwi Purnomo, S.Si.
Wakil Ketua                 : Jamalul Lail, S.Si.
Sekretaris                     : Desi Wulandari, S.Si.
Bendahara                    : Nursan Syarifullah, S.Si.
Kabid. Humas              : Zulharman Oktareno, S.Si.
Sosial                             : Fenny Yulianti, S.Si.

Wilayah                         Jawa Barat : Bursan Pemuda Yuli, S.Si.
Jawa Timur : Nurul Istiqomah, S.Si.
Sulawesi : Nur Rismawati, S.Si.
Kalimantan : Suryanto, S.Si.
Sumatera Selatan : Akhyarnis Febrialdi, S.Si.
Sumatera Utara : Fathurrohman, S.Si.
Nusa Tenggara Barat : M. Deky Iskandar, S.Si.
Kepulauan Riau : Citra Riamegara, S.Si.
Kalimantan Timur : Agus wibisono, S.Si.
Papua : Ajeng Wulandari, S.Si.