Program Studi Kimia - Fakultas MIPA - Universitas Islam Indonesia - Konsentrasi Analisis Industri dan Lingkungan - Konsentrasi Kewirausahaan Kimia - Konsentrasi Minyak Atsiri

You are here: HOME arrow ARTIKEL arrow Kimia Analitik
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Prosedur dan Instrumentasi dalam Analisis Spektrofotometer UV-Vis Print E-mail
Monday, 14 February 2011

Kata Kunci: Sinar Tampak, sumber radiasi, Instrumen UV, Spektrofotometer UV, Visual Colorimetri
 Metode analisa kuantitatip didasarkan pada absorpsi radiasi oleh suatu unsur yang mengabsorpsi dan melibatkan pengukuran intensitas cahaya atau kekuatan radiasi.Kita sekarang mempertimbangkan faktor yang mempengaruhi kekuatan radiasi dari cahaya yang dipancarkan melalui media absorsi.
Adapun Prosedur Sederhana Pemakaian Spektrofotometer UV-Vis sebagai berikut:
1. Sampel dilarutkan dalam pelarut
2. Sampel dimasukkan dalam kuvet
3. Dalam keadaan tertutup, atur T = 0% (dalam beberapa instrumen, ini disebut 0%T. Dark current control)
4. Dalam keadaan terbuka, atur T = 100% (A=0). Gunakan cell penuh dengan pelarut murni
5. Masukkan sampel dan ukur %T (atau A)

Pengaruh cell window pada nilai A

Pada cell windows yang mengkilap, kira-kira 2% dari radiasi yang masuk akan hilang oleh pantulan dan pembiasan pada setiap permukaan, maka kuvet kosong akan mengurangi P0 dari 100% mendekati 94%. Oleh karena itu untuk mengganti kehilangan tersebut perlu mengatur 100% T ( A= 0) dengan menggunakan cell yang sama dipenuhi pelarut murni.

Read more...
 
Metode Mohr Print E-mail
Thursday, 20 January 2011
Kata Kunci: Metode Mohr, titrasi argentometri
Salah satu jenis titrasi pengendapan adalah titrasi Argentometri. Argentometri merupakan titrasi yang melibatkan reaksi antara ion halida (Cl-, Br-, I-) atau anion lainnya (CN-, CNS-) dengan ion Ag+ (Argentum) dari perak nitrat (AgNO3) dan membentuk endapan perak halida (AgX).

Konstanta kesetimbangan reaksi pengendapan untuk reaksi tersebut adalah ; Ksp AgX = [Ag+] [X-]

Gambar 7.1. Kurva titrasi Argentometri
Last Updated ( Thursday, 20 January 2011 )
Read more...
 
Spectroscopy infra merah membantu diagnosis kanker Print E-mail
Wednesday, 01 September 2010

Kata Kunci: algoritma genetic, infra merah, spectroscopy

 Suatu algoritma genetic yang dikembangkan oleh para ilmuwan Inggris dapat membantu penggunaan spectroscopy infra merah (IR) pada diagnosis kanker.
Spectroscopy IR merupakan suatu metode yang tidak merusak dalam penganalisaan sel, jaringan dan zat cair gas yang telah digunkan untuk mendeteksi penyakit berbeda dan tingkatan penyakit berbahaya pada prostate yang terinfeksi, cervical dan jaringan usus besar. Namun beberapa metode untuk memproses sel-sel sebelum analisa tidaklah bersifat standard  dimana melalui laboratorium yang berbeda-beda, yang dapat membuat hasilnya sulit diinterpretasikan oleh yang tidak spesialisasinya di rumah sakit itu sendiri.

Last Updated ( Wednesday, 01 September 2010 )
Read more...
 
Mendeteksi Parasit Print E-mail
Thursday, 19 August 2010

Kata Kunci: cara mendeteksi parasit, mendeteksi parasit, parasit

 Berita Pertemuan ACS: Pengujian yang cepat dan murah dengan menggunakan pencelupan arsenic guna mengidentifikasikan penyakit parasitis

Elizabeth K. Wilson

SINAR YANG MEMATIKAN Suatu celupan yang berisi (kiri), yang bersinar saat disinari sinar UV, menandakan keberadaan parasit yang mematikan.
Suatu pengujian penyinaran yang baru sedang dikembangkan oleh para peneliti pada SRI International, di Menlo Park, Calif., dapat mendeteksi dengan sangat murah dan hanya dalam hitungan beberapa menit tentang keberadaan keluarga parasit yang menyebabkan beberapa penyakit yang mematikan.

Last Updated ( Thursday, 19 August 2010 )
Read more...
 
Sumbangan Metrologi untuk Peradaban Print E-mail
Tuesday, 20 July 2010

 Dengan membaca sepintas lalu judul di atas, terbesit beberapa pertanyaan yang mungkin memotivasi pembaca rela meluangkan waktu untuk terus melanjutkan bacaan sederhana ini.
Pertanyaan sederhana yang biasa saya temukan adalah “Apa sih metrologi itu? yang dimaksud mungkin meteorologi kali…” Pertanyaan ini timbul boleh jadi karena kosakata metrologi hanya dikenal dikalangan akademisi atau institusi tertentu. Padahal setiap kali kita membilang selalu memerlukan ukuran dan takaran guna menggambarkan nilai kandungannya.
Sebagai contoh begini, ibu belanja beras 2 kilogram dan minyak 1 liter di Pasar Rebo yang berjarak 3 kilometer dari rumah dan ditempuh dengan sepeda motor hanya 20 menit. Satuan untuk menakar bilangan-bilangan tersebut adalah bagian penting dalam dunia metrologi dan tidak bisa tidak untuk dihindarkan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Last Updated ( Tuesday, 20 July 2010 )
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 Next > End >>

Results 1 - 9 of 14