Program Studi Kimia - Fakultas MIPA - Universitas Islam Indonesia - Konsentrasi Analisis Industri dan Lingkungan - Konsentrasi Kewirausahaan Kimia - Konsentrasi Minyak Atsiri

You are here: HOME
  • Decrease font size
  • Default font size
  • Increase font size
Dua Dosen Prodi Kimia Publikasikan Hasil Riset di icae 2016-Beijing, China Print E-mail
Written by Cecep Sa'bana Rahmatillah   
Monday, 10 October 2016
 
Puncak Chemistry Day 2016: KUNJUNGAN INDUSTRI KIMIA MINYAK ATSIRI DI SENDANG MOLE Print E-mail
Written by Cecep Sa'bana Rahmatillah   
Monday, 10 October 2016

Kegiatan Puncak dari Program Chemistry Day 2016 Prodi Kimia dihelatnya Kunjungan Industri untuk mahasiswa kimia semester 1 angkatan 2016 dan panitia yang meliputi angkatan 2014 dan 2015 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 8 Oktober 2016, Acara ini di mulai pada Pukul 09.00 - 11.0009.00 - 11.00 WIB yang diikuti oleh 137 orang sebagai peserta dan 6 orang panitia serta 25 orang dosen dan asisten pendamping, Acara ini  diadakan oleh prodi kimia, Universitas Islam Indonesia untuk mengenalkan dunia industry pada mahasiswa baru dan melihat secara langsung praktik industri minyak kayu putih.
Kunjungan Industri Kimia Minyak Atsiri Di Sendang Mole tahun ini telah diupayakan dengan semaksimal mungkin agar dapat berjalan dengan baik untuk memotivasi dan memberikan pengalaman tentang dunia dapat bermanfaat secara optimal bagi mahasiswa prodi kimia pada khususnya dan mahasiswa UII pada umumnya.
Secara umum, Kunjungan Industri Kimia Minyak Atsiri Di Sendang Mole berjalan lancar. Antusiasme mahasiswa kimia UII terhadap acara ini cukup tinggi, dibuktikan dengan hanya 2 mahasiswa saja yang tidak ikut. Ini dikarenakan mereka sakit.
Read more...
 
Ketentuan Kegiatan Kunjungan Industri Mahasiswa Baru 2016 Print E-mail
Written by Cecep Sa'bana Rahmatillah   
Thursday, 06 October 2016

Tata tertib dan aturan yang diterapkan pada kegiatan Kunjungan Industri Mahasiswa Program Studi Kimia 2016 sebagai berikut :
1)    Setiap mahasiswa dan mahasiswi wajib mengikuti kegiatan Kunjungan Industri berupa Kunjungan ke Pabrik Minyak Kayu Putih, Sindang Mule, Gunung Kidul, yang diadakan oleh Program Studi Kimia Universitas Islam Indonesia sebagai bagian dari Syarat Pengambilan mata kuliah PKL di Program Studi Kimia kimia.
2)    Izinhanya diberikan kepada mahasiswa dan mahasiswi dengan ketentuan :
       a.    Sakit (dibuktikan dengan surat keterangan dari dokter)
       b.    Menunaikan ibadah di tanah suci (umroh)
       c.    Keluarga inti meninggal dunia

Khusus pelaksanaan kegiatan Kunjungan Industri mengikuti tata tertib sebagai berikut :
1)    Mahasiswa wajib berangkat dan pulang bersama rombongan (tidak diperkenankan membawa kendaraan sendiri). Pemberangkatan pada hari Sabtu tanggal 8 Oktober  2016 dengan menggunakan bus yang sudah disediakan oleh Program Studi Kimia.
2)    Mahasiswa berkumpul di depan gedung Laboratorium Terpadu, kampus terpadu UII Jl. Kaliurang KM 14.5  pukul 6.30 WIB, dilanjutkan cheking oleh panitia & berangkat tepat pukul 07.00 WIB. Bagi yang ketinggalan maka harus hadir ke lokasi sendiri.
3)    Mahasiswa wajib membawa (diberi keterangan nama pemilik):
       a.    Jas Almamater
       b.    Mamakai Sepatu
       c.    Memakai Kaos Seragam (bisa diambil mulai jam 13.00 WIB, Jum'at, 7 Oktober 2016)
       d.    Baju Ganti
       e.    Obat-obatan probadi
       f.    bawa sandal (bila diperlukan)
       g.    Jas Hujan (bila diperlukan)
4)    Ketentuan khusus :
a)    Mahasiswi
        i.    Mahasiswi wajib berpakaian muslimah rapi
        ii.   Menggunakan rok dan celana panjang (sebagai dalaman)

b)    Mahasiswa
        i.    Mahasiswa Wajib Berpakaian Sopan

Last Updated ( Friday, 07 October 2016 )
 
Kuliah Tamu Geokimia bersama Prof. Dr. Hans Ruppert Print E-mail
Written by Mai Anugrahwati, M.Sc.   
Thursday, 06 October 2016
 
Hari Jum’at, 30 September 2016 lalu Prodi Kimia kembali mengadakan acara yang  berjudul International Guest Lecture dengan tema Selected Aspects of Environmental Geochemistry. Acara ini berlangsung sejak pukul 14.00-16.00 WIB dengan diikuti oleh mahasiswa kimia dari angkatan 2013-2016 yang berjumlah kurang lebih 100 orang dan bertempat di ruang Auditorium Lt.4 Gedung Baru MIPA. Narasumber/pembicara yang sekaligus menjadi dosen tamu dalam acara ini adalah Prof. Dr. Hans Ruppert, Environmental Geoscientist in Dept. of Sedimentologi & Environmental Geology and Director of The Interdisciplinary Centre for Sustainable Development, University of Göttingen). Beliau merupakan seorang geoscientist yang ahli di bidang sedimen danau dan lumpur, sejarah lingkungan dan polusi saat ini di pegunungan Harz (Jerman), penggunaan area terkontaminasi, polusi atmosfer dan lain-lain. Dalam materinya ini, Prof. Hans banyak menjelaskan peranan kimia dalam dunia geologi.
Rangkaian acara kali ini dibuka oleh MC, Dhina Fitriastuti, M.Sc., dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Cecep Sa’bana R., S.Si., dan diikuti dengan sambutan oleh Kaprodi Kimia, Dr. Is Fatimah. Dalam sambutannya, Dr. Is Fatimah menyatakan rasa terimakasihnya atas kehadiran Prof. Hans Ruppert dan diharapkan materi kali ini menambah wawasan mahasiswa kimia mengenai peranan kimia dalam bidang geologi lingkungan. Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembicara yang secara menarik menyampaian beberapa materi terkait hubungan antara air, tanah, udara dan makhluk hidup, emisi karbon dioksida, perubahan musim, sejarah pegunungan Harz, serta beberapa kasus kontaminasi logam berat.
Last Updated ( Thursday, 06 October 2016 )
Read more...
 
Violla Bestari, dkk Tawarkan Solusi Pengolahan Limbah Laboratorium Kampus Print E-mail
Written by Cecep Sa'bana Rahmatillah   
Tuesday, 04 October 2016
 Laboratorium di kampus sebagai pusat penelitian bagi mahasiswa maupun dosen seringkali dalam aktifitasnya menghasilkan limbah yang masuk dalam kriteria B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun). Bahkan tidak jarang, limbah logam-logam berat seperti timbal dan tembaga yang membahayakan kesehatan. Tanpa adanya pengelolaan yang memadai, limbah laboratorium yang dibuang ke saluran pembuangan berpotensi dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. Hal ini apabila dibiarkan terus menerus dapat membahayakan kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya yang tinggal di lingkungan laboratorium.
Menghadapi tantangan ini, sekelompok mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UII berupaya mengembangkan solusi yang efektif dan efisien untuk mengolah limbah laboratorium kampus sehingga tidak terlalu mencemari lingkungan. Solusi yang mereka tawarkan ini dinilai cukup efektif untuk diterapkan di laboratorium kampus-kampus lainnya.
Sebagaimana disampaikan oleh Violla Bestari Ayu S, salah seorang mahasiswa Prodi Kimia FMIPA UII yang terlibat dalam proyek penelitian ini. Bersama empat orang rekannya, yakni Apri Rahmani MH, Andhika Ghia P, Agung Prayudia M, dan Dian Nurmala Sari, ia serius mengembangkan metode pengolahan limbah laboratorium yang tepat guna. “Pengolahan limbah yang selama ini diterapkan pada laboratorium menggunakan reaktor karbon aktif relatif yang hasilnya masih belum sempurna sehingga diperlukan teknologi baru yang lebih efektif dan efisien. Reaktor karbon perlu diganti secara periodik”, terangnya.
Last Updated ( Tuesday, 04 October 2016 )
Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Next > End >>

Results 91 - 100 of 528

Quisioner Layanan Lab.

Quisioner Kepuasan Layanan Lab.

Login Form






Lost Password?
No account yet? Register
 


Links

 

Testimoni Alumni

KHORIA OKTAVIANI - ANGKATAN 2002: "...walaupun apa yg saya lakukan adalah penggambaran secara makro (bukan bersifat teknis) namun diperlukan dasar2 pengetahuan kimia yg kuat untuk dapat memberikan analisis yang tepat... read more

DESY SETIONINGRUM - ANGKATAN 2004: "ilmu yang saya dapat dari kuliah sangat bermanfaat bagi saya pak karena saya bekerja dilaboratorium dan harus mengenal banyak bahan kimia dan yang berhubungan dengan kimia pak pokoke banyak bermanfaat... read more

THORIKUL HUDA - ANGKATAN 1999: "Saya merasa sangat bersyukur kepada ALLAH SWT yang telah mentakdirkan saya untuk kuliah di Prodi Ilmu Kimia FMIPA UII. Banyak pengalaman yang saya dapatkan selama menjalani perkuliahan, sehingga sampai saat ini saya masih bisa mengamalkan ilmu yang disampaikan oleh dosen-dosennya... read more

AHMAD HANAFI - ANGKATAN 2002: "UII adalah pilihan terbaik bagi saya".. terutama dalam hal pelayanan, UII adalah nomer "satu"... read more

CECEP SA’BANA RAHMATILLAH - ANGKATAN 2001: "Kuliah di Ilmu Kimia Luar Biasa, Keren... Bagaimana ndak keren?!! selain staf dosennya masih muda2 jadi enak ketika bergaul and curhat... read more 

KHOIRUL HIMMI SETIAWAN - ANGKATAN 2002: "Pengalaman semasa kuliah di Kimia UII sungguh pengalaman yang luar biasa pak, betul-betul luar biasa.. Hal yang paling penting adalah "rasa kedekatan dan kepedulian yang sangat besar" dari Dosen kepada mahasiswa... read more

Artikel

Journal IJMSC

Who's Online

We have 3 guests online

Selamat Datang di Prodi Kimia FMIPA UII

Program Studi Kimia FMIPA-UII adalah salah satu Prodi di Lingkungan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta yang sedang terus mengembangkan diri menuju program studi dengan kualitas pengajaran dan riset yang tinggi berwawasan pada Kearipan Lokal (Local Geneus).

Dr. Is Fatimah
Ketua Program Studi

Dr. Dwiarso Rubiyanto, M.Si.
Sekretaris Program Studi

READ MORE...

Polls

Life Is Chemistry and There Is No Life Without Chemistry...