Ruang laboratorium yang ada memiliki luas ruangan yang memadai dengan kondisi yang sangat bersih dan sangat aman dilengkapi dengan fasilitas standar keamanan laboratorium sehingga menjamin keamanan dan keselamatan kerja bagi setiap mahasiswa yang melakukan kegiatan praktikum dan penelitian. Manajemen laboratorium Program Studi Kimia telah melengkapi sarana dan prasarana laboratorium melalui berbagai sumber pendanaan, salah satunya melalui penerimaan hibah Chemical Security Improvement Grant (CSIG) dari CRDF Global, sebuah lembaga dari Amerika Serikat yang mendukung ruang persediaan bahan kimia dan fasilitas keamanan kimia. Pemanfaatan beberapa peralatan laboratorium dan bahan kimia dipantau dengan menggunakan Sistem Informasi Manajemen Laboratorium (SIM-LAB). Mahasiswa dan peneliti dapat mengakses sistem informasi untuk melihat ketersediaan, informasi keselamatan bahan kimia dan lokasi bahan kimia / peralatan sebelum masuk dan menggunakannya. Laboratorium Program Studi Kimia juga telah memenuhi standardisasi ISO:17025 yang sangat mendukung keamanan dan keselamatan kerja.

Gambar 1. Laboratorium Kimia Pendidikan PS. Kimia

Gambar 2. Laboratorium Kimia Penelitian Program Studi Kimia

Gambar 3. Chemical Storage Room Laboratorium Program Studi Kimia

Ruang laboratorium komputasi yang ada memiliki luas ruangan yang memadai dengan kondisi yang sangat bersih dan sangat aman dilengkapi dengan laptop, LCD, sound system, akses internet dan software (seperti Gaussian 09 dan Crystal 14) yang sangat mendukung kegiatan praktikum maupun penelitian di bidang komputasi. Ruang laboratorium komputasi Program Studi Kimia dapat dilihat pada Gambar 4.


Gambar 4. Ruang Laboratorium Komputasi Program Studi Kimia

Laboratorium Ilmu Kimia dilengkapi dengan ruang referensi laboratorium dikelola oleh Program Studi Kimia dan merupakan fasilitas yang mendukung kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa. Ruangan dilengkapi dengan buku-buku referensi, komputer beserta akses internet dan AC. Ruang referensi Program Studi Kimia dapat dilihat pada Gambar 5.

Gambar 5. Ruang Referensi Program Studi Kimia