Program Studi Kimia FMIPA UII berkomitmen untuk menyediakan lingkungan kerja, pelatihan dan pembelajaran yang aman dan sehat bagi semua civitas akademika, baik dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, peneliti dan pengunjung. Prodi Kimia bermaksud mencegah terjadinya kecelakaan dan akan mengambil langkah-langkah untuk menjadikan Prodi Kimia sebagai tempat kerja yang aman. Hal tersebut yang menjadi alasan, Prodi Kimia berkomitmen untuk:

1. Keamanan dan kesehatan
Melakukan segala upaya untuk memastikan kesehatan dan keselamatan di semua tahap pengajaran, penelitian, dan pengembangan dan commissioning peralatan / eksperimen dan fasilitas. Dalam hal ini, kami akan mengidentifikasi semua bahaya keselamatan dan kesehatan dan meninjau terus kebijakan keselamatan, kesehatan, peraturan dan pedoman untuk mengurangi, atau menghilangkan, bahaya yang ada. Kami akan memastikan bahwa semua dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, peneliti dan pengunjung menganggapnya sebagai tanggung jawab pribadi untuk mencegah cedera pada diri mereka dan / atau rekan mereka.

2. Tidak ada Kecelakaan dan Cedera
Melakukan segala upaya untuk mencapai lingkungan kerja yang aman dan sehat.

3. Perlindungan lingkungan
Melakukan segala upaya untuk meminimalkan dan mengurangi limbah dan emisi sehingga dapat melestarikan lingkungan setempat dan juga untuk menghemat energi dan sumber daya alam untuk memastikan bahwa lingkungan global dapat dilindungi.

4. Kesesuaian dengan Hukum dan Peraturan
Mematuhi semua persyaratan universitas dan hukum terkait dengan kebijakan keselamatan, kesehatan dan lingkungan.

5. Pendidikan dan Pelatihan
Membentuk dan mempromosikan kesadaran keselamatan dan kesehatan dengan menawarkan in-house atau kursus pelatihan eksternal, dan mengkomunikasikan pentingnya kesadaran semacam itu untuk mencegah kecelakaan dan cedera.

6. Perbaikan Terus-menerus
Menetapkan dan menerapkan sistem manajemen untuk memastikan kesehatan dan keselamatan dalam kegiatan kami serta untuk melindungi lingkungan, dan terus memperbaiki sistem ini di semua tingkat organisasi kami.

Personil Penanggung jawab

1. Koorlab Ilmu Kimia memiliki tanggung jawab utama untuk menyediakan lingkungan kerja yang aman di lingkungan Program Studi Kimia.

2. Semua Civitas Akademika Prodi Kimia termasuk semua mahasiswa, peneliti dan Pengunjung memiliki tugas untuk bekerja sama dengan Kepala Departemen atau perwakilan dalam hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja.

3. Dosen, sebagai Supervisor atau Laboratorium Pengajaran, Penyelenggara dan Demonstran Akademik mahasiswa, bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja mahasiswa dalam perawatan mereka.

4. Petugas Laboratorium dan Teknisi yang menangani Laboratorium, Toko dan Lokakarya bertanggung jawab atas semua hal yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja orang-orang yang dipekerjakan di Laboratorium, Toko atau Lokakarya mereka dan di bawah perawatan mereka.

5. Tenaga Kependidikan, termasuk Sarjana dan Mahasiswa Pascasarjana, Peneliti Postdoctoral, Pekerja Penelitian dan Pengunjung memiliki kewajiban untuk menjaga Kesehatan dan Keselamatan mereka sendiri dan orang lain yang mungkin terpengaruh oleh aktivitas mereka.