Kegiatan akademik Program Studi Kimia meliputi kegiatan perkuliahan dan praktikum. Sampai saat ini, capaian dari kedua kegiatan tersebut tergolong berjalan dengan sangat baik. Hal ini tentunya tidak lepas dari peran Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendukung kegiatan-kegiatan tersebut dimana selain cakap, SDM yang meliputi Pranata Laboratoirum Pendidikan (PLP)/Laboran, teknisi, operator dan programer, tenaga adminsitrasi dan tenaga teknis tersedia dalam jumlah yang lebih dari cukup. Sebagai bukti berjalannya kegiatan perkuliahan dan praktikum dengan sangat baik ditunjukkan dengan mampunya SDM tersebut melakukan tugas dengan baik.
Di dalam praktikum, Program Studi Kimia menyelenggarakan 14 praktikum pertahun dan dalam 1 mata praktikum terdiri dari 3 kelas (60 mahasiswa perkelas). Setiap mata praktikum terdiri dari 10 judul atau sesi praktikum dimana semua judul tersebut dilakukan bersamaan dalam 1 sesinya per hari dengan sistem bergilir pada pertemuan selanjutnya. Dengan adanya 9 PLP Program Studi Kimia, proses praktikum yang cukup padat tersebut dapat terselenggara dengan baik dan lancar.
Dalam hal beban kerja, setiap PLP bertanggung jawab terhadap mata praktikum tertentu dan menjadi operator dalam mata praktikum tertentu. Dalam penyelenggaraannya, setiap judul praktikum diampu oleh 1 asisten dengan kualifikasi telah lulus S-1 (bergelar sarjana) sehingga dalam 1 mata praktikum diampu oleh 10 asisten. Dengan kualifikasi asisten praktikum yang bergelar S-1 diharapkan dapat menjamin transfer ilmu pengetahuan yang baik dan berkualitas. Lancarnya proses praktikum di laboratorium kimia merupakan hasil dari kerjasama dosen pengampu praktikum, asisten praktikum dan PLP. Selain itu, masing-masing PLP juga memiliki tanggung jawab sebagai operator instrumentasi analisis untuk melayani mahasiswa penelitian yang hendak menganalisis sampel penelitiannya.
Untuk meringankan beban kerja PLP dan untuk terselenggaranya penelitian mahasiswa dengan baik, maka laboratorium ilmu kimia memiliki sistem informasi dan manajemen laboratorium (SIMLAB) dimana sistem ini mengatur hal-hal terkait izin masuk lab, order bahan dan alat, order jasa analisis dan pengurusan tanggungan laboratorium. Dengan adanya sistem ini maka proses dan aktivitas di laboratorium dapat berjalan dengan cepat, efisien dan mudah.

Laboran Tingkat Ahli

Laboran Pertama, Penata Muda Tingkat 1, Golongan/Ruang III/b

Cecep Sa'bana Rahmatillah, S.Si.

Email: cecep@uii.ac.id

NIK: 071002204

Yusuf Habibi, S.Si.

Email: yusuf.habibi@uii.ac.id

NIK: 051002459

Laboran Pertama, Penata Muda, Golongan/Ruang III/a

Tohari, S.Si.

Email: tohari@uii.ac.id

NIK: 151002235

Norra Gus Priambodo, S.Si.

Email: norragus@uii.ac.id

NIK: 151002230

Agung Purnomo, S.Si.

Email: agungpurnomo@uii.ac.id

NIK: 151002213

Dwi Erikawati, S.Si.

Email: dwierikawati@uii.ac.id

NIK: 151002223

Laboran Tingkat Pelaksana

Laboran Pelaksana, Pengatur Tingkat 1, Golongan/Ruang II/d

Dwi Mahmudi, BA.

Email: dwi.mahmudi@uii.ac.id

NIK: 016104402

Ida Ayu Sulistya, A.Md.

Email: idaayu_sulistya@uii.ac.id

NIK: 131002105

Laboran Pelaksana, Pengatur, Golongan/Ruang II/c

Nur Isnaini, A.Md.

Email: 156104602@uii.ac.id / isnain70@gmail.com

NIK: 156104602