Sejarah Pendirian Magister Kimia UII

Program Studi Magister Kimia (PSMK) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Islam Indonesia (FMIPA-UII) adalah program studi baru yang didirikan pada tahun 2018. Prodi Magister Kimia menjadi prodi ke 4 dibawah naungan Jurusan Kimia FMIPA, selain Prodi S1 Kimia, S1 Pendidikan Kimia, dan D3 Analisis Kimia berdasarkan Surat Keputusan Dirjen DIKTI No.1142/KPT/1/2018.

Berdirinya PSMK FMIPA UII dilatarbekalangi oleh tingginya kebutuhan pasar akan lulusan kimia dengan kompetensi magister, seperti sebagai peneliti di lembaga riset swasta maupun pemerintah, konsultan/tenaga ahli di berbagai bidang kimia, dosen/guru, maupun wirausahawan (techno/sciencepreneur) berbasis hasil riset. Selain itu, dengan didirikannya PSMK FMIPA UII akan meningkatkan kualitas hasil riset dan luaran dari Jurusan Kimia FMIPA UII pada khususnya, dan UII pada umumnya.

Pendidikan di PSMK FMIPA UII dirancang untuk mempersiapkan lulusan magister kimia yang mempunyai keimanan dan ketaqwaan yang sempurna sehingga dapat menjadi landasan pengembangan ilmu pengetahuan dan peneltian untuk menghadapi tantagan perubahan. Perubahan global dalam era industri 4.0 akan menciptakan banyak tantangan yang berhubungan erat dengan bidang industri, ksehatan, energi, dan lingkungan. Oleh karena itu, lulusan PSMK FMIPA UII didesain agar mampu memberikan kontribusi yang besar pada perubahan global ini untuk kebaikan alam semesta.