Capaian pembelajaran lulusan (CPL) Prodi Kimia FMIPA UII disusun dengan mengacu pada KKNI, SN-Dikti, perundang-undangan lain serta adaptasi terhadap kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM). Tahapan penyusunan capaian lulusan Prodi Kimia UII meliputi evaluasi kurikulum ketercapaian CPL, masukan dari stakeholder, rumusan dari tim pengembangan kurikulum dan diskusi yang melibatkan seluruh dosen Prodi Kimia UII. CPL yang dirumuskan oleh Prodi Kimia UII yaitu ESSENTIAL, dengan deskripsi yang ditunjukkan pada Tabel 1.
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Program Studi Kimia FMIPA UII
Deskripsi Singkat | Simbol | Kode CPL | Rumusan CPL | Learning Outcomes |
---|---|---|---|---|
Ethics and integrity | E | CP1 | Memiliki konsistensi dan antusiasme dalam mewujudkan sikap dan perilaku Islami dalam mengembangkan dan mengimplementasikan ilmu kimia | Have consistency and enthusiasm in
realizing positive and Islamic attitudes to develop and implement chemistry |
Self-excellencies and competitiveness | S | CP2 | Memiliki kompetensi dalam bidang instrumentasi dan analisis data kimia untuk mengembangkan diri dan meningkatkan daya saing sehingga dapat berkarya serta berkontribusi pada masyarakat dan industri berskala nasional dan internasional | Have competence in instrumentation and chemical data analysis in developing self-excellencies and competitiveness to contribute to society and industry globally |
Student of tomorrow | S | CP3 | Memiliki kecakapan untuk terus memahami dan mengembangkan (lifelong learning) konsep teoritis kimia serta terapannya pada jenjang yang lebih tinggi | Endeavor to continue to study (lifelong learning) at a higher level in the relevant field with the chemistry of essential oil development, materials for energy and the environment, and natural products for food and health |
Entrepreneurship and employability | E | CP4 | Memiliki keterampilan general dan spesifik dalam bidang pekerjaan laboratorium untuk berkarya mandiri atau menduduki pekerjaan yang layak dengan berorientasi pada peluang | Have the skills to work independently or gain a decent, opportunity-oriented job in essential oil development, materials for energy and the environment, and natural products for food and health |
New and novel idea | N | CP5 | Memiliki kemampuan menemukan ide-ide baru dan menganalisis secara sistematis untuk memecahkan masalah, dan mengembangkan IPTEKS di bidang kimia dengan penerapan cara dan teknologi yang relevan | Have capability and proficiency in critical thinking and problem solving and develop new ideas in essential oil development, materials for energy and the environment, and natural products for food and health |
Team working and leadership | T | CP6 | Memiliki kecakapan dan sikap kepemimpinan dalam bekerjasama (kolaborasi) atau berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungannya | Have leadership skills and reductive attitudes toward cooperating (collaborating) or interacting with others in many levels of challenge |
Information management | I | CP7 | Memiliki kecakapan dalam memahami prinsip dasar piranti lunak dan penggunaannya untuk mengumpulkan, menganalisis dan mengorganisasikan informasi dari berbagai sumber menggunakan teknologi informasi terkini di bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik | Have the ability to collect, analyze, and organize information from various sources using the latest information technology in chemistry journals and databases related to
essential oil development, materials for energy and the environment, and natural products for food and health |
Adaptability and communication | A | CP8 | Memiliki kemampuan dan kecakapan pekerjaan di bidang kimia yang dibutuhkan dalam pergaulan masyarakat global serta kesadaran sosial yang mendukung bidang ilmunya | Have capability and proficiency in the association of the global chemistry community and social awareness that supports chemistry science |
Literacy | L | CP9 | Memiliki kecakapan literasi ilmiah, digital, komputer, internet dan penguasaan bahasa internasional untuk mengembangkan dan mengimplementasikan IPTEKS bidang kimia | Have scientific, digital, and computer proficiency, internet literacy, and mastery of international language skills to support research and development in chemistry |
Berdasarkan hasil tracing alumni Prodi Kimia FMIPA diperoleh informasi bahwa data pekerjaan alumni Prodi Kimia UII dapat dipetakan menjadi beberapa jenis profil pekerjaan yaitu akademisi, bekerja di industri, peneliti, wirausahawan dan studi lanjut di jenjang magister. CPL yang telah disusun oleh Prodi Kimia telah didesain untuk mendukung profil lulusan. Hubungan antara CPL dengan profil lulusan ditunjukkan pada Tabel 2.
Tabel 2. Sebaran CPL terhadap profil lulusan Prodi Kimia UII
Profil Lulusan | E | S | S | E | N | T | I | A | L |
Akademisi | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ |
Industri | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ |
Peneliti | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ |
Wirausahawan | √ | √ | √ | √ | √ | √ | |||
Studi Lanjut | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ | √ |