Capaian pembelajaran ini kemudian menjadi standar kompetensi lulusan UII. Untuk menjamin ketercapaian VMTS, universitas menetapkan mata kuliah universitas yang harus masuk dalam kurikulum di semua program studi yaitu: (1) mata kuliah keislaman; (2) mata kuliah kebangsaan terdiri Pancasila dan Kewarganegaraan; (3) mata kuliah kewirausahaan; dan (4) mata kuliah Bahasa Inggris. Peta penerjemahan VMTS program studi, fakultas dan universitas ke dalam capaian pembelajaran disajikan melalui skema pada Gambar E.2. dan uraian capaian pembelajaran pada Tabel 1.
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Program Studi Kimia Sesuai KKNI dan SNPT
Kompetensi | Capaian Pembelajaran | Kode |
Competence | Learning Outcome | Code |
Sikap
Attitude |
Mempunyai sikap keunggulan keislaman dan berakhlak mulia; | CP1 |
Posing excellent Islamic behavior and good morals; | LO1 | |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | CP2 | |
Upholding human values in performing the duties based on religion, moral and ethics; | LO2 | |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | CP3 | |
Internalizing values, norms and academical ethics; | LO3 | |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | CP4 | |
Playing a role as a pride citizen who loves their nation, posing nationalism and responsibility towards his country and nation; | LO4 | |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | CP5 | |
Appreciating the cultural diversity, views, religions and beliefs as well as other thoughts and original findings; | LO5 | |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila; | CP6 | |
Contributing in improving the quality of social life, national life and cultural advancement based on Pancasila; | LO6 | |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | CP7 | |
Cooperating and having social consciousness and concern to community and environment; | LO7 | |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | CP8 | |
Abiding laws and being discipline in social and national life; | LO8 | |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; | CP9 | |
Internalizing the independence spirit, struggle, and entrepreneurship; | LO9 | |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiridan profesional didasari sikap fathonah, amanah, shidiq, tabligh | CP10 | |
Showing responsibility towards the job in his field of expertise, independent and professional based on fathonah (wisdom), amanah(trustworthiness), shidiq (truthfulness), tabligh(advocacy) characters; | LO10 | |
Berjiwa enterpreneurship, kreatif, inovatif, dan mandiri. | CP11 | |
Posing entrepreneurship skill, creative, innovative and independent; | LO11 | |
Dapat dengan cepat menyesuaikan diri/menguasai lingkungan kerja yang dipilih, memiliki etos kerja, dedikasi dan komitmen yang tinggi | CP12 | |
Being adaptable to the new environment, hardworking, highly dedicative and committed; | LO12 | |
Pengetahuan
Knowledge |
Menguasai konsep teoretis struktur, sifat, dan perubahannya baik pada energi maupun kinetiknya, identifikasi, pemisahan, Karakterisasi, transformasi, sintesis bahanKimia mikromolekul dan terapannya | CP13 |
Mastering the theoretical concepts of structures and properties and the changes of matter including the energy and kinetics, identification, separation, characterization, transformation, chemical synthesis, micro molecular and its application | LO13
|
|
Menguasai pengetahuan operasional lengkap tentang fungsi, cara mengoperasikaninstrumen kimia yang umum, dan analisis data dan informasi dari instrumen tersebut; | CP14 | |
Mastering the operational knowledge including the functions, how to operate instruments in chemistry and analysis of data and information from the instruments; | LO14 | |
Menguasai prinsip dasar piranti lunak untuk analisis dan sintesis pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik (organik, biokimia, analitik,kimia fisik, atau an-organik) | CP15 | |
Mastering the basic principle of software to analysis and synthesis in general Chemistry and more specific fields (organic, biochemistry, analytic, physical chemistry or inorganic) | LO15 | |
Ketrampilan khusus
Specific Skill |
Mampu menghasilkan simpulan yang tepat berdasarkan hasil identifikasi, analisis, isolasi, transformasi dan sintesis bahan kimia yang telah dilakukan | CP16 |
Having an ability to draw a conclusion based on identification, analysis, isolation, transformation and chemical synthesis performed | LO16 | |
Mampu memecahkan masalah ipteks di bidang kimia yang umum dan dalam lingkup sederhana seperti identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis mikromolekul Melalui penerapan pengetahuan struktur, sifat, perubahan molekul baik energi maupun kinetikanya, metoda analisis dan sintesis pada bidang kimia spesifik, serta penerapan teknologi yang relevan | CP17 | |
Having an ability to find a solution for problems in general chemistry and in more specific fields such as identifications, analysis, isolation, transformation and macromolecular synthesis through the knowledge application: structure, properties, molecular transformations both energy and kinetics, analysis methods and synthesis in chemistry and application of the relevant technologies. | LO17 | |
Mampu melakukan analisis terhadap berbagai alternatif solusi di bidang identifikasi, analisis, isolasi, transformasi, dan sintesis bahan kimia yang tersedia dan menyajikan simpulan analisis untuk pengambilan keputusan yang tepat; | CP18 | |
Having an ability to perform analysis to various alternative solutions in identification, analysis, isolation, transformation and chemical synthesis and providing a conclusion for the analysis to draw a proper decision; | LO18 | |
Mampu menggunakan piranti lunak untuk analisis dan sintesis pada bidang kimia yang umum atau yang lebih spesifik (organik, biokimia, analitik,kimia fisik, atau an-organik). | CP19 | |
Having an ability to use software to perform analysis and synthesis in chemistry both general and specific fields (organic, biochemistry, analytic, physical chemistry or inorganic). | LO19 | |
Mampu menggunakan pengetahuan kimia untuk inovasi dan pemanfaatan keunggulan lokal untuk bersaing secara global diantaranya pengembangan industri minyak atsiri. | CP20 | |
Having an ability to apply chemical knowledge for innovation and the utilization of local resources to compete globally such as the development of essential oils industry | LO20 | |
Mampu mengembangkan ilmu kimia sebagai dasar beramal ilmiah dalam bidang ilmu kimia | CP21 | |
Having an ability to develop chemical science as a basis to show scientific morals in chemistry | LO21 | |
Memiliki kemampuan dan keterampilan enterpreneurship berbasis kimia | CP22 | |
Having ability and skills about chemistry-based entrepreneurship | LO22 | |
Menguasai pengetahuan dan keterampilan analisis di bidang industri kimia, energi dan analisis lingkungan | CP23 | |
Understanding and mastering the analytical skills in industrial chemistry, energy and environmental analysis | LO23 | |
Ketrampilan Umum
General Skill |
Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan/atau teknologi sesuai dengan bidang keahliannya; | CP24 |
Applying the logical, critical, systematical and innovative thinking in the development and implementation of science and/or technology according to their field of expertise; | LO24 | |
Mengkaji implikasi pengembangan atauImplementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir | CP25 | |
Studying the implication of development and implementation of science, technology and art according to their field of expertise according to the rules, methods and scientific ethics to draw a solution, idea, design or art critical as well as describing scientific analysis results in the form of thesis or final assignment report | LO25 | |
Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data | CP26 | |
Drawing a proper decision in solving problems according to the result of data and information analysis | LO26 | |
Mengelola pembelajaran secara mandiri | CP27 | |
Independently managing the learning process | LO27 | |
Mengembangkan dan memelihara jaringanKerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya | CP28 | |
Building and maintaining networking with supervisors and colleagues both in the internal and external institutions | LO28 | |
Mampu berkomunikasi secara ilmiah dengan baik dan benar baik lisan maupun tulisan | CP29 | |
Having an ability to communicate well both oral and written communications. | LO29 | |
Mampu berkomunikasi dalam bahasa internasional | CP30 | |
Having an ability to communicate using international languages | LO30 | |
Menguasai ketrampilan berbasis teknologi informasi | CP31 | |
Having information technology-based skills | LO31 |