INDERA KRISTIANA (00612052)

PERBANDINGAN DISTILASI MINYAK ATSIRI DAUN SEREH DAPUR (Lemongrass oil ) DENGAN MENGGUNAKAN DISTILASI UAP TANPA SPIRAL DAN SPIRAL

INTISARI

Telah dilakukan penentuan kandungan minyak atsiri pada sereh dapur dengan menggunakan teknik kromatografi gas-spektrometry massa (GC-MS). Untuk membandingkan metode distilasi uap tanpa spiral dan distilasi uap dengan spiral, diukur rendemen dan kualitas minyak atsiri daun sereh dapur. Berdasarkan hasil percobaan diperoleh rendemen minyak atsiri daun sereh dapur dengan distilasi uap tanpa spiral adalah 0,263% dan rendemen minyak atsiri daun sereh dapur dengan distilasi uap spiral adalah 0,147%.
Komponen penyusun utama di dalam minyak atsiri daun sereh dapur (lemongrass oil) dengan distilasi uap spiral uap tanpa spiral adalah Z-Sitral (32,28%), E-Sitral (40,30%) dan -Mirsen (11,09%). Sedangkan komponen minyak atsiri daun sereh dengan distilasi uap spiral adalah Z-Sitral (30.73%), E-Sitral (39,75%) dan -Mirsen (14,33%). Hasil penentuan dari sifat fisika dan kimia, diperoleh minyak atsiri daun sereh dapur dengan distilasi uap tanpa spiral adalah berwarna kuning orange, berbau segar seperti lemon dan berasa hangat. Dengan berat jenis 0,868 gr/mL dan indeks bias 1,4825. Minyak atsiri daun sereh dapur dengan distilasi uap spiral berwarna kuning berbau segar seperti lemon dan berasa hangat. Dengan berat jenis 0,856 gr/mL dan indeks bias 1,4810.

Kata kunci : Daun sereh dapur, distilasi uap spiral,  Kromatografi Gas-Spektometri Massa.

 
Full Teks Klik disini