DESI ANDRIYANI (06612001)

PENGOLAHAN LIMBAH FOTOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN METODE ELEKTROLISIS DAN ANALISISNYA DENGAN SPEKTROMETER SERAPAN ATOM (SSA)

INTISARI

Telah dilakukan penelitian tentang pengolahan limbah fotografi dengan menggunakan metode elektrolisis dan analisisnya dengan Spektrometer Serapan Atom (SSA). Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh kembali logam perak dari limbah cair fotografi serta mengetahui kondisi optimum metode elektrolisis dalam pengambilan perak secara elektrolisis.
Elektrolisis dilakukan pada limbah cair fotografi tanpa dan dengan penambahan larutan KCl 1 M digunakan elektroda platina dengan variasi tegangan 1 Volt, 2 Volt, 3 Volt, dan 4 Volt. Penelitian dilakukan secara 3 tahap yaitu: penentuan kadar perak (Ag) dalam limbah fotografi, penentuan % perak (Ag) yang terdegradasi dalam limbah fotografi, kondisi optimum elektrolisis yang meliputi potensial dan waktu elektrolisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar perak pada sampel limbah fotografi di daerah Condong Catur, Yogyakarta yang terdegradasi maksimal tanpa KCl sebesar 99,98%, dan sebesar 99,96% dengan KCl 1 M. Sedangkan kadar perak pada sampel limbah fotografi di daerah Godean, Sleman, Yogyakarta yang terdegradasi maksimal tanpa KCl sebesar 99,41%, dan sebesar 99,91%  dengan KCl 1 M.

Kata kunci: Limbah cair fotografi, elektrolisis, perak, SSA

Full Teks Klik disini